67 Comments

360 Beasiswa Bidikmisi Untuk Jalur SNMPTN Undangan UNNES

Salam Konservasi! Ucap Prof. Wiyanto dalam membuka acara Sosialisasi SNMPTN Undangan Universitas Negeri Semarang yang dihadiri oleh mahasiswa Bidikmisi, selasa (22/o2) kemarin di auditorium UNNES. Dengan harapan para mahasiswa Bidikmisi dapat menyebarluaskan informasi ini kepada seluruh sekolah ditempat mereka tinggal. Kegitan ini diselenggarakan dalam rangka menginformasikan proses Penerimaan Mahasiswa Baru UNNES 2011 Jalur SNMPTN Undangan, yang agak sedikit berbeda dengan tahun sebelumnyaa. Prof. Wiyanto menjelaskan, pelaksanaan pendaftaran SNMPTN Undangan ini mulai dibuka tanggal 1 Pebruari 2011 sampai dengan 12 Maret 2011 dengan cara mendaftarken diri ke sekolah masing – masing supaya mendapat rekomendasi dari kepala sekolah yang sebelumnya telah mendaftarkan sekolahnya ke panitia SNMPTN untuk diajukan sebagai perserta pendaftar SNMPTN Undangan. Adapun kuota maksimum kepala sekolah untuk merekomendasikan siswa – siswinya dalam SNMPTN Undangan adalah sebagai berikut:

  • Akselerasi kepala sekolah boleh merekomendasikan 100% siswa terbaiknya
  • RSBI/SBI kepala sekolah boleh merekomendasikan 75% siswa terbaiknya
  • Akreditasi A  kepala sekolah boleh merekomendasikan 50% siswa terbaiknya
  • Akreditasi B kepala sekolah boleh merekomendasikan 25% siswa terbaiknya
  • Akreditasi C kepala sekolah boleh merekomendasikan 10 % siswa terbaiknya

Tentang teknis pendaftaran SNMPTN Undangan ini dijelaskan oleh Tim IT Unnes, yang dipimpin oleh Sugiyanto, M.Pd atau yang kerap disapa dengan Kang Sugi. Beliau menjelaskan alur pendaftaran dari awal mulai mendaftar sampai melengkapi data secara online dalam website snmptn. Ada bebrapa hal penting yang beliau sampaikan dalam SNMPTN Undangan ini :

     

  • Daya tampung dalam jalur SNMPTN adalah 90%.
  • Kuota Beasiswa Bidikmisi 80% dari 450 mahasiswa baru.
  • Peserta memmilih 2 PTN, masing – masing PTN maksimum 3 Program Studi.
  • Tidak dibatasi pemilihan Progran Studi IPA ataupun IPS (Tidak harus ssesuai dengan Prodi di SMA/SMK/MA).
  • Pembayaran pendaftaran hanya dilakukan di Bank Mandiri, tidak bisa selain Mandiri.
  • Biaya pendaftaran sebesar Rp 175.000/ orang.
  • Yang Merekomendasikan Bidikmisi adalah Kepala Sekolah

Demikianlah kegiatan yang berlangsung pada hari selasa kemarin. Semoga bermanfaat.

About these ads

67 comments on “360 Beasiswa Bidikmisi Untuk Jalur SNMPTN Undangan UNNES

  1. saya berminat untuk mengikuti bidik misi di UNNES apakah ada syarat lain yang harus dipenuhi ?

    • syaratnya adlah anda harus mendapat peringkat 25% terbaik di kelas. Menyerahkan skrip nilai raport selama lima semester dan kalu ada melampirkan piagam. Bisa mendaftar melalui SNMPTN Undangan pada sekolah anda untuk mendapatkan rekomendasi dan pengajuan bidikmisi. panduan lihat http://undangan.snmptn.ac.id

  2. klo penerimaan snmptn undangan (UNES) terbatas gak sih menerima murid klo di luar jawa tengah???? aku tinggal di tangerang. biaya wal masuk kra2 brp?

    • Terbatas atau tidak bukan tergantung dari tempat tinggal. Kalau memenuhi persyaratan secara akademik, insya allah diterima.Biaya masuk tahun ini turun 60% lebih. yang dulunya 15juta, jadi 5,9 juta saja. Untuk jalur undangan menampung sekitar 1400an mahasiswa.

  3. klo mau lewat jalur bidikmisi apakah harus siswa yang tidak mampu atau boleh untuk semua kalangan?

  4. klo tdak lolos jlur bidikmisi,apa masih bsa ikt jlur undangan?

  5. klo mw lwt jalur bidikmisi apakah harus siswa yg tdk mampu atau boleh untuk semua kalangan?

    • Bidikmisi: Biaya pendidikan mahasiswa miskin berprestasi.
      yang masuk bidikmisi adalah yang kurang mampu secara ekonomi, namun berprestasi.
      untuk yang kalangan mampu, ada beasiswa lain. beasiswa PPA dan BBM

  6. klo tdk lolos jlur bdikmisi,apakah masih bisa ikut jalur undangan?

  7. assalamualaikum. saya salah satu siswa yang direkomendasikan oleh sekolah untuk mendapat beasiswa bidik misi. pertanyaan saya yaitu :
    1. apakah saya PASTI mendapatkan bidik misi itu (karena sudah direkomendasikan sekolah)
    2. apakah ada seleksi lagi tentang bidik misi ini.
    terima kasih dan mohon bantuannya, Pak.

  8. Assalamualaikum..

    Selai program bidikmisi apakah ada program beasiswa lainnya bagi sisiwa tidak mampu ? dan apa syaratnya untuk bisa mengajukan nya ? saya salah satu siswa d smk pacitan yang mengikuti bidikmisi di UNNES. Terimakasih

    • wa’alaikumsalam. masih ada, Beasiswa Bantuan Mahasiswa (BBM), Program Penunjang Akademik (PPA), Beasiswa Pemprov dan ada lagi. Biasanya nilai IP minimal 2,75. Mulai bisa mengajukan nanti semester 2 atau 3.

  9. mau tanya.saya siswa yang blm tau soal perekomendasian sekolah!kmrn saya mencoba krm berkas ke alamat PT. tapi menurut info harus daftar secara online. bagaimana caranya apa saya sudah telat untuk daftar online???

    • minta ke kepala sekolah untuk membuat rekomendasi (menyatakan bahwa anda adalah siswa berprestasi di sekolah dan layak diajukan sebagai calon penerima beasiswa). setelah mendapat rekomendasi, nanti anda akan diberikan nomor ID dan NISR atau sejenisnya yang nantinya akan digunakan untuk mendaftar beasiswa ke portal bidikmisi (http://bidikmisi.dikti.go.id). Setelah mendaftar beasiswa, anda bisa mendaftar di unnes lewat jalur spmu di http://spmu.unnes.ac.id

    • minta ke kepala sekolah untuk membuat rekomendasi (menyatakan bahwa anda adalah siswa berprestasi di sekolah dan layak diajukan sebagai calon penerima beasiswa). setelah mendapat rekomendasi, nanti anda akan diberikan nomor ID dan NISR atau sejenisnya yang nantinya akan digunakan untuk mendaftar beasiswa ke portal bidikmisi (http://bidikmisi.dikti.go.id). Setelah mendaftar beasiswa, anda bisa mendaftar di unnes lewat jalur SPMU di http://spmu.unnes.ac.id
      batas akhir pendaftaran SPMU sampai tanggal 2 juli 2011.

  10. Ada dak tes wawancara untuk peserta SNMPTN Undangan jalur bidik misi?

  11. mksdnya nilai raport yg kami isikan saat pndftarn gmana ???????
    dan pngumman na itu kpan ????????????????
    trima kasih tas prhatyannya,,,,,,,,,,,,,,

  12. kalo seandainya saya mendapat kesempatan bidik missi,apakah ada syarat lain untuk tetep mempertahankan beasiswa itu selama kuliah di UNNES?/
    terimakasih dan mohon bantuan informasinya

  13. assalamualaikm. saya alhamdlillh lolos snmptn jalur undangan di pgsd unnes. apa itu berarti saya lolos juga untuk besiswa bidikmisi? lalu dmana saya bisa melihat tentang pengumuman bidikmisi? mohon di balas

  14. apakah kalo sudah di terima bidik misi lewat jalur undangan masih ada seleksi lagi ?
    terima kasih ..

  15. Assalamu’alaikum, saya adalah salah satu siswa yang direkomendasikan oleh sekolah saya untuk mendapat beasiswa bidik misi jalur undangan, dan alhamdulillah saya diterima di salah satu PTN, pertanyaan saya: pada saat saya mengisi biodata pendaftaran online ternyata saya salah mengisi luas tanah rumah saya, itu dikarenakan saya salah dengar saat bertanya kpd ibu saya lewat telpon. yang saya takutkan, apakah masalah itu akan menyebabkan saya dibatalkan mendapatkan beasiswa itu, dan apakah itu akan menjadi bumerang untuk diri saya? apalagi pada saat tes wawancara? terima kasih, pak. dan saya mohon bantuannya…

  16. apakah yg sudah lolos seleksi jalur undangan bidik misi sudah pasti mendapatkan beasiswa/
    terus caranya registrasi bagaimana? kenapa situs registrasinya tdk bisa dibuka?

  17. dari awal kita udah di rekomendasikan bidik misi lewat jalur undangan,,,,trus skarang saya sudah di trima snmptnnya,truz kan ada pembayaran awal yang tgl 23-30 mei,,,saya gmna????apa bayar juga?atau cuma registrasi on-line tanpa bayar biaya awal yang berjuta-juta?langkah selanjutnya setelah pengumuman,saya harus bagaimana????

  18. assalmualaikum….saya salah satu siswa yang ketrima snmptn jalur undangan .yang saya tanyakan :
    1. kan saya sudah diterima, apa saya masih bisa ikut daftar bidik misi lagi???

  19. pak, saya sudah diterima snmptn undangan di UNNES.. Tapi, yang bidikmisi, ada pernyataan itu belum final. masih ada verifikasi. Nah, verifikasi tersebut meliputi apa saja? dan pengumuman lolos verifikasi bidikmisinya kapan?

  20. kapan ya pengumuman bidik misi unnes?

  21. asskumm..
    pengumuman yg di terima bidik misi kpan? ada yg bilang tgl 25mei.. tpi d bka d almat’y kog ga ada ea…? tepat’y bgmna?

    wsslm,,

  22. pak, saya mau tanya..
    untuk pengumuman yang bidik misi itu kapan dan di umumin via apa?
    thanks :)

  23. saya ktrima di snmptn tulis, saya ingin mendaftar bdikmisi, bgaimana caranya ? mohon dijawab, trimakasih :)

  24. Assalamu’alaikum,pak saya adalah salah satu siswa yang sudah diterima jalur undangan,,pertanyaan saya adakah test wawancara bagi calon penerima beasiswa bidik misi,dan kapan test wawancara tsb?

  25. Assalamu’alaikum, Pak kapan pengumuman bidik misi yang pasti?? dan, itu disa dilihat pada web atau link apa ??

  26. Assalamu’alaikum Wr.wb, PENGUMUMAN BIDIK MISI SNMPTN tahun 2011 jalur tertulis kpan y? terimakasih Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

  27. kapan pengumuman bidik misi setelah di verifikasi, universitas lain sudah ada pengumuman, bagaimana dengan unnes?
    terimakasih..

  28. saya ikut spmu jalur bidik misi. saya sudah lolos spmu tetapi bingung saat akan registrasi online. bingung saat akan menyetak formulir registrasi, ttpi tdk bisa sblum membayar biaya registrasi. pdhal pelamar bidik misi tidak perlu membayar dulu sebelum pengumuman bidik misi. pdhal tgl 27 sudah harus verifikasi d unnes.
    lha pertanyaan saya;
    1. apa boleh saat verifikasi tidak membawa formulir registrasi?
    2. kapan pengumuman bidik misi keluar?
    3. akan diumumkan dmana? web unnes atau bidik misi?
    terimakasih…

  29. kapan n dmn pengumuman bidik misi 2011 yang jalur ujian tulis di umumkan?

  30. Asslmualaikum. pengumuman bidik misi snmptn tertulis kpn ya? ktnya kmrin slmbt lambatnya jam 12 malam. tp, smpe sekarang kok belum ada pengumumannya? ap sy salah info atau saya tidak bisa memmbuka web nya? trimakasih

  31. saya tidak terlalu miskin dan juga tidak kaya. apakah bisa ikut bidikmisi??

  32. syarat apa saja yang harus di penuhi untuk mengikuti SNMPTN undangan?

  33. gini kak, ne aku masih kls XII
    jd aku ingin tau syarat2nya apa saja?
    apakah nilai raport dr smster 1-5 rata2nya harus naik terus?

  34. assalamualaikum.
    saya ini masih duduk di kelas 12.tapi saya ingin tau peryaratan untuk bisa daftar di jalur undangan?lalu,berapa batasan niali minimumnya?
    lalu,apa nilai raport dari semester 1 sampai 5 harus selalu naik?
    gimana kalau nilainya tidak stabil?apa bisa diterima?

  35. saya masih duduk di kelas X11 saya mau tanya persyratan nilai minumum nya berapa kalau ingin daftar lewat jalur undangan?
    lalu,apa nilai smster 1-5 harus selalu naik?
    bagaimana klau nilai nya tdk stabil?apa kemungkinan bisa diterima?
    sebelumnya terima kasih.

  36. saya mau tanya , bagaimana jika ada yang mau daftar ke sana tetapi berasal dari keluarga yang tidak mampu dan bukan termasuk siswa yang berprestasi……. apa langkah yang akan anda lakukan ? terima kasih

  37. ASSKUM,kakmau nanya law pendaftaranny yg jalur undangan kan udah ditutup yg bidikmisi.lah saya menanyakan apa ada susulan yang buat pendaftaran bidikmisinya.terimkasih

  38. askum,,
    saya mau tanya,,sekolah saya itu gagal,,dan apakan ada rekomendasi ulang untuk sekolah saya supaya bisa ikut bidikmisi ???

  39. Kpan yah pngumuman bidikmis jlur undangan ?? trus bisa di lihat di mana ??

  40. saya mau lihat hasil pengumuman yg lulus bidik misi, cara y bagai mana y ????

  41. ass.. saya amelia mau tnya ,,saya sudah terdaftar di bidik misi dan sya sdh ktrima di unnes melalui ujian tulis snmptn 2012,,pada saat saya akan daftar ulang kok ada kterangan bhwa saya blum melakukan pembayaran untuk registrasi..pdhal setahu saya kan bidik misi tnpa di pungut biaya apapun…trimakasih

  42. caranya gimana kak
    biar dapat
    beasiswa bidikmisi

  43. gmanya lulus snmptn dan bidik misi, pda saat daftr ulang apakah kta uda digratiskan spp bg mahasiw, kalau tdak, gman ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: